Jumat, 29 Oktober 2010

Intermezo: My Past Journey :))


Perjalanan saya ke Inggris banyak ditanyakan oleh teman-teman & kerabat. Katanya, kenapa tiba-tiba bisa ke Inggris dan gratis pula?

Semua ini bermula dari diterimanya saya di program Global Xchange, sebuah program program pertukaran relawan (volunteering) antara remaja Indonesia dan Inggris yang diselenggarakan oleh British Council. Program ini berlangsung selama 5 minggu di Yogya—Indonesia dan 5 minggu di Luton—Inggris, kegiatannya beragendakan volunteering di beberapa work placement (biasanya sebuah LSM atau yayasan milik pemerintah) yang telah ditentukan, Global Community Day (GCD) dan Community Action Days (CAD). Sedangkan agenda kegiatan lainnya seperti training dan pengenalan budaya setempat. Mengikuti program ini selain bisa belajar berkomunikasi dengan bahasa inggris dan budaya, juga menambah skill dan pengetahuan kita mengenai berbagai macam isu-isu penting. 


Proses untuk bisa diterima program ini sebetulnya sudah sangat lama, sejak dinyatakan lulus 20 besar hingga 10 besar sejak bulan Februari dan program baru dimulai bulan Juni.
Ini link Global Xchange: britishcouncil.

Sebetulnya banyak sekali tulisan saya yang diposting di Blog ini berkaitan dengan kegiatan Global Xchange, tapi karena saya orangnya sedikit tidak teratur dan moody.^^ Jadi tidak terlalu banyak dijelaskan. Contoh postingannya yaitu, birthday suprise dari teman-teman sesama volunteer GX, Global Citizenship Day (GCD) beberapa puisi seperti Mimpi dan Aku akan Baik-Baik Saja atau juga cerpen A Song terinspirasi dari perjalanan saya di Inggris.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang Global Xchenge, berikut ini ada pula tulisan-tulisan sesama volunteer Global Xchange yang menarik untuk dibaca:
- introduction ditulis oleh Tika, salah satu participant GX
- semua berawal dari sini ditulis oleh Tika, salah satu participant GX
- not the team A or the team B ditulis oleh Tika, salah satu participant GX
- antara bus Luton dan Yogyakarta ditulis oleh Icha, salah satu participant GX
- Terima Kasih ditulis oleh Icha, salah satu participant GX

~cheers :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar